Halaman

Kamis, 25 Oktober 2012

SANGGUL DAERAH PALEMBANG

-->
Gelung malang

Cara membuat sanggul
1.       Untuk membentuk sanggul gelung malang ini di perlukan rambut yang panjang. Rambut bagian depan di sisir kearah puncak kepala, demikian pula rambut bagian belakang  di sisir mulai dari bagian kuduk ke arah puncak kepala hingga berkumpul menjadi satu. Kemudian rambut di pilih dengan ketat  agar tidak lepas terurai, lalu di tekuk arah ke kanan dan ke kiri lagi sehingga bentuknya mirip angka delapan. Apabila terdapat  sisa rambut, tekukan di ulang lagi. Selanjutnya ujung  rambut di simpulkan pada bagian tengah  tekukan tadi sehingga berfungsi  sebagai pengikat rambut dan agar letaknya lebih kokoh. Terakhir,  lipatan rambut  tadi diselipkan pada bagian atas depan yang di angkat sedikit.
Untuk keperluan sehari-hari, biasanya cukup diselipkan sisir pada sanggul itu. Pada waktu itu sanggul malang tidak memerlukan tusuk rambut, harnal, atau jepitan.
Letak gelung malang agak tinggi, yaitu kira-kira di atas puncak kepala.
2.      Pada acara resmi tertentu, tat arias rambut gelung malang mempergunakan hiasan rambut sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Walaupun bentuk dan nama gelungan itu sama, tetap di perluka hiasan yang di letakan pada tempat  yang kokoh. Dengan demikian, cara membentuk gelung malang  itu agak berbeda sedikit dari biasanya. Bedanya ialah rambut pada gelung malang di ikat dengan tali sesuai dengan lebatnya rambut. Setelah rambut terkumpul di atas pucak kepala dan di ikat, rambut di pilin dan di lipat kea rah kanan, sesampai di tengah rambut lalu di ikatkan dengan bagian rambut yang di ambil dari bagian tengah depan. Rambut ini berfungsi sebagai tali pengikat dan  sisanya di lipat kearah kiri dan kembali ke tengah lagi sehingga berbentuk angka delapan, yang biasnya di sumbal dengan bunga rampai. Bunga rampai ini berupa pandan yang di selipkan dengan berbagai bunga atau irisan pandan. Letaknya pada bagian atas dan bergantung pada keadaan rambut serta ketrampilan si penata rias. Sisa ujung rambutnya diikatkan di tengah-tengah sanggul tadi agar lebih aman.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar